Indonesiaku..

April 12, 2008 § Leave a comment

Bangsa Indonesia saat ini seolah-olah berdiri di tepi jurang kehidupan, mencoba untuk mempertahankan eksistensinya di tengah komunitas global dunia. Kondisi bangsa saat ini ditambah dengan krisis multi dimensi yang dialami saat ini terus menyeret bangsa ini untuk masuk ke dalam jurang. Parahnya lagi, tidak banyak dari masyarakat Indonesia yang menyadari bahwa kita benar-benar dalam kondisi terburuk sebagai sebuah bangsa. Saat ini Indonesia hampir tidak memiliki daya saing terhadap produk luar negeri. Sumberdaya alam strategis di Indonesia telah banyak dikuasai oleh perusahaan asing. Beberapa perusahaan yang strategis bagi kesejahteraan rakyat sebagian sahamnya telah dijual ke pihak asing. Ditambah lagi daya saing sumberdaya manusia Indonesia terhadap sumberdaya manusia dari luar sangat lemah. Globalisasi bagi Indonesia, untuk saat ini, tidak lebih dari mengumpankan diri sendiri untuk dimakan seorang raksasa yang tidak sanggup untuk kita lawan. Krisis yang terjadi tidak hanya selesai disitu. Deviasi moral dan kepribadian ikut mewarnai kondisi bangsa yang sudah carut marut ini. Hal ini tidak dapat dielakkan, kejahatan pada saat ini ternyata banyak dilakukan oleh kaum terpelajar. Penyimpangan perilaku saat ini ternyata banyak dilakukan orang yang telah lama mengeyam bangku pendidikan. Kesalahan-kesalahan yang terjadi menjadi sebuah permakluman publik. Wajar jika ada korupsi, wajar jika ada nepotisme, wajar harus menyogok biar lancar, wajar tidak suka jika orang lain sukses, wajar jika mencontek, wajar jika memarahi murid, wajar jika menunda pekerjaan, wajar jika tidak membayar pajak, dan kewajaran-kewajaran lainnya.

Krisis multidimensi diatas memang sulit sekali untuk dicari akar permasalahannya. Namun pada dasarnya, di beberapa negara yang telah maju saat ini pembangunan terhadap masyarakatnya merupakan langkah awal dalam membangun bangsanya. Bahkan bagi negara-negara yang dulu setara dengan Indonesia, setelah membenahi kondisi masyarakatnya saat ini telah berhasil memberikan kesejahteraan bagi warganya. Pembangunan masyarakat tentu saja memiliki banyak alternatif jalan. Namun yang paling efektif saat ini adalah melalui pendidikan. Kenapa pendidikan? Alasan terbesarnya adalah berdasarkan fungsi dari pendidikan itu sendiri, yaitu mengharapkan perubahan perilaku dari peserta didiknya menuju perbaikan yang positif. Pendidikan di Indonesia saat ini bukanlah pendidikan yang mendidik. Bahkan tidak memiliki tujuan yang jelas. Jika memang memiliki tujuan yang jelas, maka peserta didiknya pun akan mengerti untuk apa mereka belajar, dan akan bertindak seperti apa setelah belajar. Saat ini tidak, pendidikan seolah-olah hanya sebagai formalitas belaka. Ada ruang kosong dalam pendidikan yang selama ini tidak diisi, yang pada dasarnya adalah jiwa dari pendidikan itu sendiri. Yaitu pemaknaan, ideologisasi, penanaman tujuan dari proses pendidikan itu sendiri.

Kegagalan pendidikan saat ini ternyata memiliki implikasi yang begitu besar. Manusia Indonesia saat ini telah kehilangan sesuatu yang esensial untuk dilakukan dan diperjuangkan. Nilai-nilai esensial yang hilang tadi dari diri manusia Indonesia menyebabkan pincangnya fondasi masyarakat karena pada dasarnya manusia adalah komponen dari penyusun masyarakat itu. Dalam hal ini, pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam membentuk karakter manusia yang dapat mendukung perkembangan dan pertumbuhan kebudayaan manusia yang memanusiakan, yang kemudian dapat mewujudkan tatanan masyarakat masa depan yang ideal, yang progresif menuju perbaikan yang berkesinambungan (masyarakat madani). Pembentukan kebudayaan yang positif dalam masyarakat adalah fondasi yang cukup kuat untuk membangun sebuah bangsa. Melalui rekontruksi sistem pendidikan saat inilah yang memungkinkan itu bisa berhasil. Rekontruksi tersebut berkaitan dengan paradigma pendidikan, tujuan pendidikan, metode pendidikan, kurikulum pendidikan, pendidik, dan peserta didik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Indonesiaku.. at Sebuah Catatan Kecil...

meta

%d bloggers like this: