Implementasi Teknologi Broadband

March 19, 2011 § 1 Comment

Peningkatan teknologi infomasi dan komunikasi di beberapa negara berkembang, seperti Indonesia, terlihat sangat spektakuler beberapa dekade ini . Hampir 75% pelanggan telepon seluler dunia berada di negara-negara berkembang ini. Negara-negara ini sekarang sedang merasakan euphoria terhadap perkembangan dunia digital dan mulai merasakan peningkatan ekonomi sebagai dampaknya. Namun sayangnya negara-negara tersebut tertinggal dalam mengimplementasikan teknologi broadband, yaitu salah satu teknologi transmisi telekomunikasi yang memungkinkan transfer informasi dalam kecepatan tinggi. Pada penghujung 2009, di benua Amerika dan Eropa terdapat hampir 50% dari 1 miliar pelanggan fixed/mobile broadband dunia. Tetapi tidak demikian dengan benua lain, sebagai contoh Asia Tenggara dan Afrika bagian utara jika digabung hanya tercatat 3% dari total keseluruhan pelanggan dunia.

Ketidakseimbangan ini menjadi ancaman dan menciptakan sekat/pembatas baru di dunia. Tanpa akses terhadap konektivitas broadband, pihak-pihak seperti pemerintah, bisnis, komunitas, dan individual tidak bisa ikut serta dalam masyarakat informasi global dan terbatas akses nya terhadap ilmu pengetahuan dunia.

Broadband adalah sebuah teknologi umum yang memiliki efek signifikan terhadap pola hidup dan cara bekerja manusia. Teknologi ini menjadi salah satu pendorong meningkatnya ekonomi dan tingkat kompetitif bangsa serta berkontribusi terhadap pengembangan sosial dan budaya. Teknologi ini tidak hanya membuat jurang antara negara maju dan berkembang, tetapi juga memisahkan mereka yang memiliki akses dengan mereka yang tidak. Mereka yang tidak memiliki akses mungkin kehilangan banyak kesempatan, baik kesempatan kesempatan ekonomi ataupun sosial. Kota yang memiliki infrastuktur teknologi ini akan menarik banyak investor dan perusahaan sehingga muncullah banyak lapangan pekerjaan. Sebagai contoh Jakarta, lebih dari 25% jaringan broadband Indonesia berada di kota ini.

Bank Dunia menemukan bahwa peningkatan penetrasi teknologi broadband 10% di negara berkembang akan berdampak pada peningkatan ekonomi sebesar 1.38%. Begitu pula dengan penelitian yang dilakukan beberapa perusahaan konsultan seperti Mckinsey&Company dan Booz & Company, mereka menemukan hubungan yang sama, yaitu peningkatan penetrasi teknologi broadband ini akan berdampak pula pada peningkatan GDP negara tersebut.

Selain itu peningkatan implementasi teknologi broadband ini juga berdampak pada kehidupan sosial kemasyarakatan. Teknologi ini akan menciptakan hubungan yang kuat antara pemerintah, bisnis, masyarakat, kesehatan, pendidikan dan sebagainya. Teknologi ini memungkinkan perusahaan untuk mengeksplorasi bisnis-bisnis yang sebelum nya tidak terbayang, memperbesar pangsa pasar dan meningkatkan daya saing. Sedangkan untuk pemerintah, teknologi ini bisa meningkatkan akuntabilitas pemerintah sehingga menghantarkan pada konsep good governance. Teknologi ini juga bisa memperbaiki proses pelayanan publik sehingga lebih efektif dan efisien.

Pemerataan akses terhadap informasi, menurut saya, merupakan salah satu hak dan kebutuhan warga negara. Telekomunikasi merupakan salah satu infrastruktur yang paling fundamental dibangun di semua kawasan di sebuah negara. Teknologi ini akan menjadi akselerator dan katalisator perbaikan di bidang-bidang lain di kawasan tersebut. Konsep inilah yang digunakan negara-negara maju dahulu saat mereka mengimplementasikan teknologi broadband di negara mereka.

Dan seperti inilah dunia bekerja, dunia dikendalikan oleh mereka yang memiliki informasi.

Disadur dari

Yongsoo Kim, Tim Kelly, Sidharta Raja. 2010. “Building Broadband: Strategies and Policies for The Developing World.” The World Bank.

§ One Response to Implementasi Teknologi Broadband

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Implementasi Teknologi Broadband at Sebuah Catatan Kecil...

meta

%d bloggers like this: