The Next Eleven

May 16, 2011 § 1 Comment

“Dunia bagaikan sebuah roda, selalu berputar kadang di atas kadang di bawah”

Jika Anda memperhatikan dengan jelas perjalanan sejarah manusia maka Anda dapat melihat bagaimana kedigdayaan sebuah bangsa dipergulirkan silih berganti. Yunani, China, Romawi, Timur Tengah, Eropa dan sekarang Amerika. Ada beberapa pertanyaan yang kemudian menggelitik untuk dipertanyakan, bangsa mana selanjutnya setelah ini yang akan menguasai dunia dan apakah Indonesia pernah merasakannya ataukah ada kesempatan untuk merasakannya.

“We are the sleeping Giant, after China, India (yang baru bangun tidur) and United State (yang sekarang terjaga)”

Jumlah penduduk Indonesia per Mei 2010 adalah sekitar 237.556.363 jiwa, atau 3,43% dari total seluruh populasi dunia. Itu bukan jumlah yang sedikit teman. Google yang hanya dengan 20.000 pegawai bisa menguasai arus informasi di seluruh dunia, World Bank yang hanya dengan 10.000 pegawai bisa menguasai aliran uang hampir semua negara berkembang. Anda bayangkan apa yang bisa diperbuat 100 juta orang, angkanya sudah saya kurangi dengan mempertimbangkan adanya orang lanjut usia, anak-anak dan anggota DPR.

Jika Anda pernah membaca beberapa ramalan tentang pergiliran ekonomi dunia, maka Anda akan tahu mengenai BRICs theory. Itu adalah akronim dari Brazil, Rusia, India dan China. Negara-negara ini diramalkan akan menjadi “The Big Four”, yaitu 4 negara yang akan masuk menjadi kandidat negara-negara terkaya di tahun 2050 nanti. Ke 4 negara ini menguasai 25% dari seluruh wilayah daratan di dunia dan memiliki populasi 40% dari total populasi dunia, yang berkisar di angka 6,92 milyar. Dan Anda jangan kaget, Indonesia ternyata ada di urutan ke-7 dari negara-negara yang diprediksi akan menjadi negara dengan jumlah GDP terbesar di dunia, hanya satu nomor di bawah Rusia. Hal ini diramalkan oleh Goldman Sachs Investment Bank, bahwa Indonesia akan menjadi salah satu negara “The Next Eleven”, yaitu negara-negara yang akan menyertai dominasi The BRICs di tahun 2050 atau bahkan bisa menggantikannya di dasawarsa selanjutnya.

Top five largest economies in 2050

§ One Response to The Next Eleven

  • oheeo says:

    mudah mudahan itu semua bisa terwujud. Amiiin….# tapi sebelum 2050 akan ada satu peristiwa yg akan menghilangkan semua mimpi itu.# BRIC / N-11 Kayaknya…# kt tggu saja 2050…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading The Next Eleven at Sebuah Catatan Kecil...

meta

%d bloggers like this: